PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MA MIFTAHUL HUDA LODAN WETAN SARANG REMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Education is the most important element in human nature, one of the causes of the low quality of education
in Indonesia is the performance of teachers who have not been maximized. Teacher performance is the result
achieved by a teacher in carrying out his duties. Efforts to improve teacher performance are by providing
continuous guidance, coaching and supervision or supervision. The essence of supervision is a coaching
activity, supervision of teachers to maximize their performance effectively. This study aims to analyze
whether and how much influence madrasah head supervision has on teacher performance at MA Miftahul
Huda Lodan Wetan Sarang in the 2023/2024 academic year. This study uses quantitative methods and
types of regression research because it is used to analyze the effect of variable X and variable Y. The results
of regression analysis with a sig value of 0.042 <0.05 which means that the hypothesis H1 is accepted and
H0 is rejected. This states that madrasah head supervision has a significant influence on teacher
performance at MA Miftahul Huda Lodan Wetan Sarang in the 2023/2024 academic year by 20.1%
and 79.9% is caused by other factors. The conclusion of this study is that madrasah head supervision has a
significant influence on teacher performance at MA Miftahuluda Lodan Wetan Sarang in the
2023/2024 academic year.
Pendidikan merupakan unsur terpenting dalam fitrah manusia, salah satu penyebab kualitas pendidikan
di Indonesia rendah adalah kinerja guru yang belum maksimal. Kinerja guru merupakan hasil yang
dicapai oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya. Upaya untuk meningkatkan kinerja guru adalah
dengan memberikan bimbingan, pembinaan dan pengawasan yang berkelanjutan atau supervisi.
Hakikatnya supervisi merupakan kegiatan pembinaan, pengawasan terhadap guru untuk
memaksimalkan kinerjanya secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa adakah dan
seberapa besar pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MA Miftahul Huda Lodan
Wetan Sarang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis
penelitian regresi karena digunakan untuk menganalisa pengaruh variabel X dan variabel Y. Hasil
analisis regresi dengan nilai sig 0,042<0,05 yang berarti hipotesis H1diterima dan H0 ditolak. Hal ini
menyatakan bahwa supervisi kepala madrasah memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di
MA Miftahul Huda Lodan Wetan Sarang tahun pelajaran 2023/2024 sebesar 20,1% dan 79,9%
disebabkan oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah supervisi kepala madrasah memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di MA Miftahul Huda Lodan Wetan Sarang tahun
pelajaran 2023/2024.