IMPLEMENTASI PENDEKATAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KOMUNIKATIF
Abstract
Arabic learning is still often fragmented, so students have not been able to learn Arabic meaningfully. As a result, students are only able to master one or several language skills without being able to use them as a good communication tool. This study aims to describe the way of communicative Arabic learning through a sociolinguistic approach This research uses qualitative methods that are literature studies. Data sources that become research materials in the form of books, journals, and internet sites. Data collection techniques use documentation by searching for data in the form of books, articles, journals. Data analysis techniques use content analysis methods. The findings in this study show that sociolinguistics is the study of how to make language function in society by using language rules appropriately because humans speak in various situations and conditions. Sociolinguistic competence in learning Arabic is by understanding aspects of form and meaning because language is a socio-cultural product of society that contains the context of meaning and value. The communicative Arabic learning process can be constructed by designing learning to be more active by integrating all elements and skills of the Arabic language by providing themes that are appropriate to the Arabic context, So that it can increase knowledge in learning about the use of appropriate language, and use methods that are appropriate to the situation and conditions of the learner. Pembelajaran bahasa Arab masih sering terfragmentasi, sehingga siswa belum mampu mempelajari bahasa Arab secara bermakna. Hasilnya siswa hanya mampu menguasai salah satu atau beberapa keterampilan berbahasa saja tanpa mampu menggunakanya sebagai alat komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pembelajaran bahasa Arab yang komunikatif melalui pendekatan sosiolinguistik Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat studi pustaka. Sumber data yang menjadi bahan penelitian berupa buku, jurnal, dan situs internet. Tekhnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan cara mencari data berupa buku, artikel, jurnal. Tekhnik analisis data menggunakan metode analisis isi. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa sosiolinguistik merupakan kajian tentang bagaimana agar bahasa berfungsi di tengah masyarakat dengan menggunakan aturan-aturan berbahasa secara tepat karena manusia berbahasa diberbagai situasi dan kondisi. Kompetensi sosiolinguistik dalam pembelajaran bahasa Arab adalah dengan cara memahami aspek bentuk dan makna karena bahasa merupakan produk sosial budaya masyarakat yang memuat konteks makna dan nilai. Proses pembelajaran bahasa Arab komunikatif bisa dikonstruksi dengan mendesain pembelajaran agar lebih aktif dengan cara mengintegrasikan semua unsur dan keterampilan bahasa Arab dengan memberikan tema yang sesuai dengan konteks Arab, sehingga bisa menambah pengetahuan pada pembelajaran tentang penggunaan bahasa yang tepat, serta menggunakan metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi pembelajar.Downloads
Published
2024-12-14
How to Cite
Siti Mahdzuroh. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KOMUNIKATIF. LENTERA :JURNAL KAJIAN DAN RISET PENDIDIKAN ISLAM, 2(01), 9–18. Retrieved from https://ejournal.staika.ac.id/index.php/lentera/article/view/81
Issue
Section
Article